Selasa, 29 Maret 2011

Karinding Nyaris Terlupakan

Tasikmalaya, Kompas – Seni karinding dari Kampung Citamiang, Desa Pasirmukti, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, jarang dikenal masyarakat.
Jangankan masyarakat dari daerah lain, warga Tasikmalaya pun tidak banyak yang mengenal jenis alat musik, yang dulu dipakai untuk memikat hati wanita ini.
Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya pun tidak memiliki referensi tentang alat musik ini. Bahkan, Pemkab Tasikmalaya baru mengetahui ada kesenian karinding setelah seniman karinding bermain dalam beberapa acara.
Titi AR dari Seksi Seni dan Budaya Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya, mengatakan, pekan lalu, Kantor Pariwisatadan Kebudayaan tidak memiliki referensi seni karinding.
Padahal, menurut Sule Nurharismana dari Sekar Komara Sunda, seni tradisional seperti karinding memiliki nilai-nilai edukasi dan harmonisasi. Karinding merupakan alat musik yang terbuat dari pelepah aren . Karinding dimainkan beberapa orang dengan nada berbeda-beda. Seperti halnya angklung, memainkan karinding harus harmonis antarpemain agar suara yang dihasilkan melaras. Makna kehidupan
Di samping nada, syair lagu yang biasa dinyanyikan ketika diiringi karinding pun memiliki makna kehidupan. Misalnya, lagu dengkleng dengdek, yang mengajarkan agar tidak merebut pasangan orang lain. Sayangnya, tidak banyak orang yang kenal karinding .
Satu hal yang seharusnya dilakukan agar seni karinding tetap bertahan adalah dengan memberi kesempatan senimannya tampil dalam berbagai kesempatan.
“Harus ada momen untuk mengapresiasi seni karinding ini. Caranya, dengan memberi kesempatan kepada senimannya tampil dalam berbagai acara,” kata Sule.
Dengan demikian, masyarakat mulai mengenal seni ini, sehingga tergugah untuk dapat memainkannya dan mengetahui lebih jauh tentang seni karinding ini.
Seniman karinding dari Cineam, Oyon Eno Raharjo, mengatakan, apabila masyarakat memberikan apresiasi atas seni karinding, itu akan memotivasi para pemain karinding untuk tidak meninggalkan seni tradisional ini.
Saat ini seniman karinding yang senior tinggal dua orang. Upaya regenerasi dilakukan setelah para seniman karinding kerap bermain dalam beberapa kesempatan.
“Saya sangat senang kalau bisa bermain karinding di depan orang banyak. Selama ini kami tidak pernah memainkan karinding di depan orang banyak, paling di rumah sendiri. Sekarang sudah ada dua siswa sekolah yang belajar,” ujar Oyon. (adh)
Sumber: Kompas.

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    BalasHapus